Oops! Koneksi internet Anda terputus. Tunggu dan coba lagi , atau Refresh Halaman.

Beberapa Hal yang Wajib Dilakukan oleh Blogger Pemula




Pada kesempatan pertama ini saya akan sedikit berbagi kepada sobat semua tentang dunia blogging. Mungkin dimata orang-orang yang belum memahami apa itu blogging dan siapa itu blogger, mereka pasti berfikir bahwa seorang blogger hanyalah sekedar menulis saja. Ya, benar kalau blogger itu pekerjaanya adalah menulis, tetapi sob perlu diketahui bahwa seorang blogger juga harus mengerti tentang pengetahuan dasar blogging dan coding. Loh kenapa? Jadi seperti ini sob, setiap blogger juga harus membutuhkan yang namanya pengunjung, jadi kita harus melewati dan melakukan beberapa prosedur agar tulisan sobat memiliki banyak pembaca dan blog yang sobat buat akan menjadi banyak pengunjung dan terkenal di search engine. 

Beberapa Hal yang Wajib Dilakukan oleh Blogger Pemula

Tetapi menjadi seorang blogger tentunya kita harus menyadari siapa diri kita sebenarnya. Jadi, jika misalkan sobat adalah blogger pemula ya seharusnya sobat tidak sungkan untuk bertanya-tanya kepada master atau senior yang telah memiliki banyak pengalaman dalam dunia blogging. Agar apa? Agar sobat bisa belajar dari mereka dan memahami lebih dalam mengenai dunia blogging, atau minimalnya sobat belajar sendiri dengan cara searching di search engine untuk mendapatkan informasi yang akan sobat cari dan pelajari. Oke, jadi saya sarankan bagi para blogger pemula untuk bergabung dalam group media sosial, contohnya seperti facebook. Disitu sobat bisa belajar banyak dan berbagi kepada blogger lainya, saya yakin disitu pasti ada yang senior dan lebih berpengalaman daripada blogger pemula. Nah, disini saya akan menjelaskan sebuah tips yang wajib dilakukan oleh seorang blogger. Khususnya untuk blogger pemula seperti saya ini sob, simak tips dibawah !

Mendaftarkan Blog Sobat ke Webmaster Tools
Saya sarankan kepada sobat yang sudah memiliki blog pada saat ini khususnya untuk mendaftarkan dan submit blog sobat ke webmaster. Tenang sob, saat ini ada banyak kok webmaster tools yang bisa sobat gunakan secara gratis tanpa biaya. Lalu, apa sih tujuan webmaster? Jadi, tujuanya adalah untuk mengklaim web atau blog sobat di mesin pencari. Kemudian juga bertujuan untuk memantau aktivitas blog sobat di mesin pencari, apakah terjadi error atau link rusak atau tidak pada blog sobat, dan sobat juga bisa memantaunya di akun webmaster sobat.

Sobat bisa mendaftarkan blog ke banyak webmaster kok. Saya hanya merekomendasikan kepada sobat semua untuk mendaftarkan blog sobat ke dua webmaster dibawah ini :


Mendaftarkan Blog ke Situs Analytics Tools
Apa sih fungsi mendaftar ke analytics tools? Jadi, analytics tools berguna untuk memonitoring atau memantau lalulintas pada blog sobat. Biasanya para blogger professional menggunakan tools ini karena menurut mereka ini adalah suatu kewajiban. Jadi, jika sobat ingin menjadi blogger professional maka harus menggunakan tools ini, nanti sobat akan mengetahui hikmah dibalik semua ini, hehehe.

Lalu, dimana saya harus mendaftar? Haruskah dengan biaya? Tenang sob, saat ini ada banyak sekali analytics tools yang tersedia dengan cuma-cuma dan berbayar di internet. Maka tunggu apalagi? manfaatkanlah tools ini, jika sobat tidak ingin mengeluarkan budget maka sobat bisa menggunakan tools yang gratis. Dibawah ini merupakan tools berbayar dan gratis yang saya sarankan kepada sobat blogger untuk menggunakanya :

Google Analytics Tools, merupakan analytics tool yang disediakan dengan cuma-cuma alias gratis tanpa mengeluarkan budget. Karena ini merupakan salahsatu fasilitas yang telah disediakan google untuk para blogger. Menurut saya fiturnya pun cukup lengkap kok sob.

Alexa Analytics Tools, merupakan salahsatu analytics tool yang berbayar, kelebihanya disitu memiliki banyak sekali fitur dan sobat akan merasakan perbedaan yang sangat jauh dibanding dengan yang gratis.

Memasang Meta Tag yang Valid pada Blog
Maksud saya yaitu sobat harus memasang meta tag yang sesuai. Meta tag sendiri berguna untuk meningkatkan SEO pada blog sobat dimata mesin pencari, dengan menggunakan meta tag maka sobat sudah termasuk membantu robot mesin pencari untuk lebih mudah memahami blog sobat.

Lakukanlah Optimasi pada Blog Sobat
Mengoptimalkan blog merupakan suatu hal yang harus dilakukan apabila sobat memang serius untuk membangun sebuah blog. Nah, salah satu cara mengoptimasi blog adalah dengan measang meta tag seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi sob. Selain itu masih ada jenis optimasi lainya dan Apa sih fungsi melakukan optimasi pada blog? Jadi, fungsinya yaitu untuk meningkatkan keterlihatan blog sobat di mesin pencari, selain itu juga akan membuat blog sobat mudah untuk ditemukan oleh pengguna mesin pencari. Salah satunya cara yaitu dengan melakukan submit sitemap (daftar isi) blog sobat ke Google webmaster, dan melakukan submit URL artikel blog setiap sobat selesai mengepostkan sebuah artikel.

Seringlah Melakukan Riset Kata Kunci
Jadi sob, sebelum membuat sebuah artikel, biasakanlah untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Yaitu mencari kata kunci yang benar-benar merupakan target dari artikel dan blog yang sobat buat. Kemudian kata kunci itu sendiri juga harus berkaitan dengan topik blog, dan fungsi kata kunci ini adalah untuk menarik perhatian para pemakai mesin pencari, agar mereka bisa datang ke blog sobat secara organik melalui mesin pencari. Dengan melakukan riset kata kunci yang tepat bisa meningkatkan trafik blog sobat secara signifikan. Saya jamin deh sob !

Lalu, dimana saya agar bisa melakukan riset kata kunci? Bisa dimana-mana kok sob tenang saja, karena ada banyak situs yang menyediakan tools riset kata kunci mulai dari yang berbayar dan gratis. Jika sobat memiliki banyak budget bisa menggunakan yang berbayar yaitu menggunakan jasa dari SemRush. Kemudian jika sobat ingin memanfaatkan fasilitas yang tidak berbayar, sobat bisa menggunakan Google Keyword Planner atau juga bisa menggunakan ubbersuggest.org.

Jadi itu sob yang menjadi suatu hal utama kita sebagai blogger, khususnya sebagai blogger pemula. Maka selalu lakukanlah optimasi pada blog sobat, dan tetaplah utamakan kualitas blog beserta isinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya sob? Salam sukses.

First

16 komentar

Unknown
Administrator
19 April 2016 pukul 08.13

Wah, kebetulan nih mas saya baru membuat Blog baru, kalau begitu coba saya praktekkan di Blog saya

avatar
Unknown
Administrator
19 April 2016 pukul 08.18

Oke silahkan mas, selamat mencoba ;)

avatar
Teuku Ahmad Andika
Administrator
19 April 2016 pukul 08.57

Ternyata lumayan banyak ya gan yang harus dilakukan oleh blogger pemul :-)

avatar
Unknown
Administrator
19 April 2016 pukul 09.05

Nice artikel gan:)
Kunjung balik : http://ketoospedia.blogspot.com/

avatar
Unknown
Administrator
19 April 2016 pukul 09.19

ya lumayan gan, itu semua adalah dasar pokoknya saja.

avatar
Blogger Seni
Administrator
19 April 2016 pukul 10.17

Memang Bener, Itu Semua Adalah Dasarnya Untuk Menjadi Seorang Blogger :D

avatar
Sony Azhar
Administrator
19 April 2016 pukul 10.21

wah, nice buat nambah ilmu gan, makasih

avatar
Kuliah Online
Administrator
19 April 2016 pukul 10.32

alhamdulillah blog saya sudah diterima GA berkat mengikuti langkah-langkah yang agan berikan .. ^_^ thankz gan

avatar
Unknown
Administrator
20 April 2016 pukul 09.21

Yap, kurang lebinya seperti itu sob ;)

avatar
Unknown
Administrator
20 April 2016 pukul 09.21

Sama-sama ;)

avatar
Unknown
Administrator
20 April 2016 pukul 09.22

Terimakasih, semoga bermanfaat ;)

avatar
Unknown
Administrator
20 April 2016 pukul 09.22

Okey, sama-sama ;) sukses selalu ...

avatar
BUDIDAYA CACING TERNAK
Administrator
29 April 2016 pukul 03.38

Cuma riset kata kunci yang belum terlalu saya dalami, kalo bikin artikel saya gak pernah riset kata kunci soalnya

avatar
Unknown
Administrator
29 April 2016 pukul 04.51

Memang agak susah dipahami mas kalau baru mengenalnya. Tetapi riset tidak selalu instan dan masih membutuhkan feeling penulis untuk membuat hasil riset tersebut menjadi sebuah kata kunci. Belajar pelan-pelan saja mas tidak harus terburu-buru. ;)

avatar
Kang Nurul Iman
Administrator
1 Mei 2016 pukul 23.58

Hmm jadi harus seperti itu ya mas, okeh terima kasih ya untuk infonya sangat bermanfaat sekali nih buat saya yang baru buat blog.

avatar
Unknown
Administrator
2 Mei 2016 pukul 04.38

Okeoke sama-sama mas ;)

avatar

Berkomentarlah yang bersifat membangun konten, dan membantu kebingungan pembaca lain! ConversionConversion EmoticonEmoticon