Oops! Koneksi internet Anda terputus. Tunggu dan coba lagi , atau Refresh Halaman.

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula




Halo sob, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang blogger khususnya untuk blogger pemula seperti saya ini yang telah khilaf dari kesalahan tersebut dan sekarang alhamdulillah telah sadar dan menulis tulisan ini, hehehe. Oke, jadi dalam dunia blogging itu tidak hanya memahami satu hal saja, tetapi ada banyak hal yang harus kita pahami kemudian dilakukan, dan semua itu membutuhkan pertimbangan sebelum melakukan. Nah, diantara para blogger pemula sering sekali melakukan kesalahan yang mungkin tidak mereka sadari, dan kesalahan itu akan berakibat fatal pada blog mereka sendiri. Jadi, disini saya akan menjelaskan beberapa kesalahan yang sering terjadi. Dibawah merupakan beberapa kesalahan yang sering terjadi pada dunia blogging!

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula

1. Terlalu Sibuk dengan Tampilan Blog
Kesalahan ini sering terjadi pada kalangan para blogger pemula yang dimana mereka mementingkan tampilan blog menjadi lebih cantik dan menarik, seperti sering berganti-ganti template dan memasang terlalu banyak widget sehingga blog akan terasa berat untuk dibuka. Ya, memiliki blog yang tampilanya menarik itu bagus dan boleh-boleh saja. Tetapi perlu kita ketahui sob, terkenalnya sebuah blog itu tidak dinilai dari segi tampilanya saja sob tetapi lebih mementingkan dan memprioritaskan isi atau konten yang sobat sajikan dalam blog sobat. 

2. Lebih Mementingkan Kuantitas daripada Kualitas
Kemudian kesalahan yang sering terjadi adalah karena lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas. Blogger pemula biasanya lebih berlomba-lomba untuk menulis banyak artikel untuk mengisi blognya dengan harapan akan memiliki banyak pengunjung dan itupun tidak mempedulikan apa yang mereka tulis entah hasil tulisan sendiri atau copas dari blog lain tanpa editing sedikitpun. Kesalahan seperti ini harus kita hindari sob, karena google sendiri lebih menyukai blog yang berisikan artikel yang fokus dan original, jadi sobat tidak perlu banyak-banyak menulis artikel. Tulis saja satu hari sekali misal, tetapi harus teratur karena google menyukai keteraturan.

3. Menulis Konten dengan Asal-asalan
Hal ini harus menjadi perhatian bagi pada blogger pemula, karena sesuatu yang pokok dari blog adalah tulisan. Jadi, sobat jangan sekali-sekali menulis artikel mungkin dengan tulisan yang asal-asalan saja. Maksundnya gini sob, sobat membuat tulisan tanpa memperhatikan tema yang akan fokus dibahas dalam artikel sobat, selain itu juga dalam penggunaan kata dan ejaan yang benar. Jadi, pembaca akan lebih mudah untuk memahami tulisan sobat.

4. Tidak Konsisten dalam Memposting Artikel
Banyak sekali blogger pemula yang pada awal membuat blog sering sekali bahkan rajin memposting artikel, tetapi setelah itu blank dan tidak ada update lagi. Mungkin karena sudah malas atau kehabisan ide untuk membuat artikel. Memang benar sob jika mengupdate artikel pada blog secara rutin terlihat sangat bagus, tapi konsistensilah yang jauh lebih penting. Contohnya, sobat lebihbaik menulis sehari sekali tetapi terus-menerus, daripada seminggu sekali tetapi satuhari mengupdate banyak artikel misalnya 100 artikel. Ingatlah perkataan saya sebelumnya, bahwa google lebih menyukai keteraturan.

5. Membahas Terlalu Banyak Topik
Apakah akan menjadi masalah kalu misal kita membahas banyak topik? No..no..no sama sekali tidak sob. Tetapi yang akan menjadi resiko bagi pemula adalah sulitnya blog untuk berkembang. Loh kok bisa gitu? Yap tentu saja bisa, karena blog tersebut tidak fokus dan bisa dikatakan belum memiliki jati diri dan hal tersebut akan membuat pembaca sulit untuk setia kepada blog sobat yang terlalu banyak membahas konten. Jadi, buatlah blog untuk fokus ke sebuah konten yang kuat dan yang sobat mengerti agar jika ada pembaca yang bertanya, sobat bisa dengan mudah untuk menjawab. Maka buatlah keunikan tersendiri pada blog sobat. Ingat!!! Tetap fokus dan konsisten.

6. Terlalu Berambisi untuk Mendapatkan Uang Secara Cepat
Tidak bisa dipungkiri lagi, memang banyak blogger yang memulai ngeblog dengan tujuan untuk mendapatkan uang. Mungkin mereka menganggap mendapatkan uang dari blog bisa dilakukan dalam waktu sekejap. Padahal tidak demikian sob, semua hal yang kita lakukan itu membutuhkan yang namanya proses. Jadi, lakukanlah usaha yang cukup, kemudian konsistensi, dan jangan lupa untuk tetap berdoa kepada Sang Pencipta.

7. Kurang Memahami Ilmu Tentang Blogger
Terkadang blogger pemula lebih senang untuk mencoba-coba dan ikut-ikutan saja dengan blogger lain. Hal ini disebabkan karena mereka belum mengerti dan memahami arti blogging yang sesungguhnya. Jadi, cobalah luangkan sedikit waktu sekitar 2 jam saja sob perhari untuk sedikit demi sedikit belajar blogging, agar menambah dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi blogger yang professional. Karena seorang yang professional tidak berangkat dari kenyamanan melainkan ketidaknyamanan terlebih dahulu. Seperti halnya pepatah mengatakan “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”.

8. Melakukan Plagiat Konten (Copy Paste)
Nah, kesalahan ini mungkin yang paling sering dilakukan oleh para blogger pemula. Karena mungkin baru mengenal tentang blog mereka belum memiliki persiapan dan kemampuan dalam menulis artikel. Jadi, belajarlah sedikit demi sedikit dalam membuat artikel secara original dan unik. Ya, minimalnya sobat melakukan rewrite dan usahakan untuk lolos dari copyscape.

9. Terlalu Terobsesi dengan Statistik Blog
Seorang blogger pemula biasanya akan sangat rajin untuk mengecek jumlah pengunjung, ranking alexa, pagerank, dan lain sebagainya. Karena memang tujuan utama blogger adalah mencari pengunjung, tetapi mereka merelakan untuk mengecek statistik setiap hari. Mungkin sehari bisa mengecek sampai ratusan kali mungkin. Padahal sob, hal seperti itu tidak ada gunanya samasekali dan malah membuang-buang waktu saja. Lakukanlah hal seperti ini jika sudah menjadi professional sob, sebagai pemula kita harus sadar diri dan harus tetapi fokus. Jadi, cek lah sewajarnya saja jika sobat penasaran dengan jumlah pengunjung blog sobat.

10. Belum Dapat Memanfaatkan Mesin Pencari Google dengan Maksimal
Kemudian yang terakhir sob, internet itu luas dan disitu banyak sekali informasi-informasi. Jadi manfaatkanlah mesin pencari seperti Google dengan baik untuk belajar ngeblog.

Nah, itulah beberpa kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger pemula seperti saya ini. Dengan ulasan artikel diatas mudah-mudahan sobat bisa memahami dan beranjak menjadi blogger yang professional. Jangan lupa untuk tetap menjadi blogger yang bersih sob, jangan kalian salahgunakan platform blogger ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua, sekian dan terimakasih.

Previous
Next Post »

18 komentar

Unknown
Administrator
29 April 2016 pukul 05.16

iya ni gan bener banget itu hehe

avatar
Unknown
Administrator
29 April 2016 pukul 09.04

hehe makanya itu sebagai blogger sering melakukan kesalahan yang tidak disadari terutama para pemula.

avatar
Unknown
Administrator
29 April 2016 pukul 17.57

Aku termasuk pemula huft banyak salahnya

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 01.49

tenang sob, semua itu butuh proses dan juga belajar.

avatar
Anonim
Administrator
30 April 2016 pukul 02.06

that's true.. dulu memang pernah kaya gitu. tp sekarang sudah banyak belajar

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 02.29

Sip sip, semoga nantinya menjadi blogger yang professional gan :D

avatar
sofyan
Administrator
30 April 2016 pukul 02.31

btul skali itu kang.
kadang kita tidak memperhatikan dr kualitas konten kita.

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 02.40

Maka dari itu kita harus lebih fokus dan konsen sob, agar kesalahan seperti itu tidak terjadi lagi ;)

avatar
Ujwar Firdaus
Administrator
30 April 2016 pukul 03.31

ane bagaimana? blog ane terkesan campuran :D

avatar
UndyingGame
Administrator
30 April 2016 pukul 04.04

wah saya termasuk nih -_- tapi sekarang sudah tau dan mulai belajar lagi :)

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 04.29

Wah kalau campuran sih harus membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan pengunjung yang setia. Ya tergantung isi kontenya juga sih.

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 04.29

Okeoke semangat sob!

avatar
Anas Farikhan Agustia
Administrator
30 April 2016 pukul 05.42

makasih infonya.

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 06.52

sama-sama.

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 07.29

terimakasih sangat membantu sekali

avatar
Erisco Berto
Administrator
30 April 2016 pukul 08.04

kalau ane lebih fokus di poin 1 dan 5dulunya wkwkkw semenjak berkenalan dengan seo, webmaster, dll sekarang alhamdulilah udah jauh lebih berkembang. Nice post gan.

avatar
Unknown
Administrator
1 Mei 2016 pukul 05.51

Sama-sama sob

avatar
Unknown
Administrator
1 Mei 2016 pukul 05.53

sip, terimakasih sudah berkunjung gan. Semoga semakin ada pandangan menjadi blogger professional ya ;)

avatar

Berkomentarlah yang bersifat membangun konten, dan membantu kebingungan pembaca lain! ConversionConversion EmoticonEmoticon