Oops! Koneksi internet Anda terputus. Tunggu dan coba lagi , atau Refresh Halaman.

Cara Mudah Optimasi Seo On Page Berkualitas




Optimasi SEO sangatlah penting untuk membangun sebuah blog yang sedang berkembang. Jadi Optimasi SEO dibagi menjadi dua, yaitu SEO On Page (Optimasi didalam blog) dan SEO Off Page (Optimasi diluar blog). Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah tentang bagaimana sih cara optimasi SEO On Page yang benar? Kemudian kenapa harus SEO On Page yang diutamakan? Jadi begini sob, SEO bisa kita ibaratkan sebagai sebuah pondasi sebuah rumah yang nantinya akan menyanggah sebuah bangunan besar agar tetap kuat dan bertahan lama. Kemudian SEO On Page ini dapat membantu berkembangnya sebuah blog yang kita bangun. Jadi percuma sob jika sobat melakukan Optimasi Off Page jika Optimasi On Pagenya saja belum siap. Oke, langsung saja sob menuju ke teknik dan cara Optimasinya!

Cara Mudah Optimasi Seo On Page Berkualitas

Perhatikan dalam Pemilihan Template
Template merupakan sebuah kerangka awal dimana sebuah blog akan dibangun. Jadi, disini sobat harus berusaha untuk mengenali lebih dalam mengenai struktur dan karakter sebuah template yang akan digunakan. Jangan sembarangan memilih template sob, karena mungkin sebelumnya hanya mengutamakan penampilan luarnya saja tanpa mengetahui sisi dalam template tersebut. Perlu juga sobat melihat struktur didalam template tersebut apakah sudah responsive untuk search engine atau belum. Sobat bisa mencari template dengan kata kunci template seo friendly, tentunya dengan loading yang ringan dan penampilan yang sederhana tetapi menarik.

Optimasi SEO Title Tag
Pada optimasi ini gunakanlah title tag sebagat tempat utama dimana sobat meletakkan kata kuci. Karena kata kunci yang diletakkan di awal judul akan lebih baik daripada kata kunci yang diletakkan di tengah atau akhir judul, ya memang semua tidak harus di awal judul sih. Tetapi meletakkan kata kunci di awal judul pasti akan lebih menarik perhatian pengunjung sob.
Contohnya :
1. Teknik Optimasi SEO On Page pada Blog.
2. Cara Terbaik Melakukan Optimasi SEO On Page Terbaru 2016.
Dengan menggunakan kata kunci diatas pasti akan memikat pengunjung, karena judul yang mungkin sudah menjadi target pencarian mereka dan tepat penelusuranya di search engine. Jadi dari contoh judul kata kunci diatas jika sobat menggunakan yang nomor satu mungkin sobat akan mendapatkan serp yang bagus pada search engine. Kemudian jika sobat menggunakan yang nomor dua keungkinan besar adalah mendapatkan banyak pengunjung dari segi klik, tetapi kata kunci seperti nomor dua itu bersifat musiman atau sementara saja. Jadi, silahkan sobat mau menggunakan kata kuncu yang seperti apa.

Optimasi SEO Meta Description
Jadi selain memperhatikan title tag, kita juga harus memperhatikan optimasi pada meta description nya. Loh kenapa harus dioptimalkan mas? Bukanya hanya sebagai deskripsi blog saja? Jadi begini sob, jika misal seseorang sedang mencari sebuah informasi melalui search engine pasti mereka akan melihat judulnya setelah itu akan memperhatikan deskripsi blog  yang relevan dengan judul yang akan mereka klik. Untuk itu buatlah deskripsi pada Meta Description dengan relevan dengan judul, setidaknya menggunakan deskripsi sebanyak 165 karakter. Dengan deskrpsi yang cukup panjang akan menarik perhatian calon pengunjung blog sobat.

Optimasi SEO Tag Heading (H1-H6)
Nah, ini merepuakan salahsatu hal yang penting sob dan juga harus diatur dengan ketentuan tersendiri, yaitu sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan oleh search engine agar lebih cepat untuk mengenali sebuah blog. Jadi hindarilah penggunaan terlalu banyak Tag H1 (Heading 1) pada postingan atau halaman statis. Cukup gunakan satu Tag H1 saja, dan selanjutnya baru pada sub judul kita gunakan Tag H2 (Headeing 2) dan seterusnya gunakan heading yang lebih kecil lagi secara berurutan sob.

Konten atau Isi Blog
Para pakar SEO di seluruh dunia menyebut ini dengan sebutan “Content Is King” yang dimana sekarang ini banyak orang yang belajar tentang SEO menjadi bingung. Seperti apa sih konten yang berkualitas itu? Jadi begini sob, menurut saya sendiri hal tersebut yang dimaksud adalah konten yang unik dalam arti original, bukan hasil copy paste dari blog lain. Tetapi dengan menulis secara original saja belum cukup sob, karena masih ada beberapa faktor lain yang nantinya akan membuat konten tersebut menjadi berkualitas dimata search engine dan pengunjung.

Optimasi SEO Internal Link
Maksud internal link disini adalah link rujukan yang berada didalam sebuah artikel atau isi konten. Jadi, usakanlah ketika sobat menulis sebuah artikel berikan beberapa link internal yang relevan dengan topik yang sesuai dengan pembahasan sobat. Jika sobat masih bingung dengan apa itu internal link, sobat bisa melihat secara langsung kedalam situs wikipedia atau sobat bisa lihat gambar dibawah.

Contoh Internal Link pada Wikipedia
Contoh Internal Link pada Wikipedia

Optimalkan Menu atau Navigasi Blog
Menu atau Navigasi pada sebuah blog dapat kita ibaratkan sebagai sebuah pemandu yang akan memandu orang yang berkunjung dan melangkah lebih jauh kedalam blog kita. Dengan navigasi yang lengkap dan membantu pasti akan membuat pengunjung blog menjadi betah untuk berkelana didalam blog sobat. Untuk menu atau navigasinya sendiri bisa berisikan informasi utama seperti, halaman kontak, tentang, disclaimer, privacy policy, dan tidak lupa dan yang sangat penting yaitu Sitemap/ daftar isi.

Dengan lengkapnya navigasi pada blog akan memudahkan pengunjung untuk menelusuri lebih dalam pada blog sobat. Tidak hanya itu saja sob, sistem navigasi yang baik juga akan membuka peluang pada sebuah blog yang nantinya akan ditampilkan dengan sitelink pada serp search engine khususnya google.

Mengoptimalkan dalam Pemilihan Kata Kunci
Kata kunci atau Keywords tentunya harus disesuaikan dengan topik dan judul artikel yang akan sobat buat. Secara umum, kata kunci utama yang akan kita bidik diusahakan mengandung unsur judul artikel yang relevan dengan isi konten. Maka dari itu cari kata kunci yang tepat dan lakukanlah riset kata kunci sebelum membuat sebuah artikel sob. Seach engine seperti google sendiri pasti akan memperhatikan penempatan kata kunci yang relevan dan dengan itu akan lebih mudah untuk di index oleh search engine.

Kemudian untuk penempatan kata kuncinya sob, letakkan pada posisi yang pas. Jadi jangan menumpukkan kata kunci hanya pada beberapa paragraf saja. Maka rangkailah kata kunci tersebut secara merata pada beberapa bagian konten yang sobat buat.

Nah, itulah beberapa poin-poin pembahasan penting mengenai Optimasi SEO On Page beserta beberapa tips dan triknya. Semoga artikel diatas dapat membantu sobat semua dalam mengoptimalkan optimasi SEO pada blog sobat.

Previous
Next Post »

8 komentar

UndyingGame
Administrator
30 April 2016 pukul 06.55

thanks infonya. bisa saya terapkan nih di blog saya

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 06.56

OK. untuk memaksimalkan blog akan saya coba. salam suksess

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 07.03

Oke sama-sama sob, selamat mencoba ;)

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 07.03

Sip silahkan.

avatar
Unknown
Administrator
30 April 2016 pukul 09.40

menurut ane yang masih belum ngerti tuh yang masalah tag tag huhuhu

avatar
Unknown
Administrator
1 Mei 2016 pukul 02.37

memang bagi pemula agak sulit dipahami sob, tetapi tidak ada salahnya kan belajar dan mencoba ;)

avatar
Unknown
Administrator
4 Mei 2016 pukul 18.28

makasih banyakk yaa gan tipsnyaa
bermanfaat banget nihh buat ane yang lagi belajar seo :D

avatar
Unknown
Administrator
19 September 2016 pukul 23.52

Oke siap, sama-sama gan :)

avatar

Berkomentarlah yang bersifat membangun konten, dan membantu kebingungan pembaca lain! ConversionConversion EmoticonEmoticon