Oops! Koneksi internet Anda terputus. Tunggu dan coba lagi , atau Refresh Halaman.

Apa Itu Backlink? Lalu, Apa Fungsinya Untuk Blog Kita?




Pada kesempatan kali ini yang akan menjadi pembahasan utama adalah tentang apa itu backlink dan apa fungsi dan pengaruh untuk blog kita. Mungkin kata backlink sudah sering kita dengar di dunia blogging bukan? Ya, tetapi terkadang ada sebagian blogger yang belum paham tentang apa itu backlink, khususnya untuk pada blogger pemula. Nah,  maka dari itu langsung saja untuk menuju pembahasan kali ini yaitu tentang pengertian dan fungsi backlink kemudian juga disertai dengan cara mendapatkan backlink.
Apa Itu Backlink? Dan Apa Fungsinya Untuk Blog Kita?


Apa Itu Backlink? Backlink merupakan bahasa inggris dari link balik/ kembali. Jadi backlink itu merupakan link kita yang terdapat pada blog/ situs tertentu dan link itu mengarah ke blog kita. Dengan kata lain, backlink adalah tautan link yang dapat meningkatkan posisi SERP di Google. Jumlah backlink yang dimiliki situs adalah menjadi nilai popularitas situs tersebut. Jadi backlink itu sangatlah penting untuk setiap blog/ situs tertentu.

Lalu, Apa Fungsi Backlink ?

Dengan adanya backlink yang banyak dan berkualitas, maka akan menjadikan suatu blog/ situs itu menjadi :

1. Blog Akan Menjadi Populer/ Terkenal
Dengan memiliki banyak backlink di banyak situs kita akan populer karena banyaknya link di situs-situs tertentu yang mengarahkan link itu ke situs yang kita miliki.

2. Meningkatkan Pagerank Blog
Backlink yang berkualitas juga dapat meningkatan Pagerank suatu blog/ situs.

3. Meningkatkan Traffic atau Pengunjung
Dengan banyaknya link di situs lain yang mengarah ke blog kita, maka jika ada yang mengklik link/ mungkin melihat link itu, si pengeklik tadi akan tiba di blog kita dan dari situlah pengunjung datang.

Macam-Macam Backlink

1. Dofollow
Biasanya blog yang dofollow ditandai dengan atribut rel='dofollow' atau tanpa atribut. Mesin pencari biasanya menjelajah semua isi dari blog/ situs. Ketika mereka akan datang pada backlink, Mereka akan memeriksa bahwa itu DoFollow Backlink atau NoFollow Backlink. Jadi jika backlink tersebut dofollow maka mereka akan mengikuti link dan mendarat di halaman web lain untuk menjelajahnya. Itulah mengapa setiap webmaster ingin meningkatkan blog/ situs  Backlinks DoFollow dan membantu dalam meningkatkan Google PR dan Alexa Rank.

2. Nofollow
Biasanya blog yang nofollow diandai dengan atribut rel='nofollow'  atau tanpa atribut. Jadi jika backlink yang dibuat dengan atribut NoFollow maka mesin pencari akan mengabaikannya karena atribut ini tidak memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti link tersebut.


Cara Mambuat dan Mendapatkan Backlink Secara Gratis dan Berkualitas

1. Buatlah backlink dengan cara berkomentar di suatu blog, karena ini merupakan salahsatu cara yang paling mudah karena hanya dengan berkomentar dengan kata-kata yang relevan dan disertai dengan url blog sobat. Semua tergantung dengan blog yang akan di komentari, jika menyediakan name/ url silahkan isi nama dan url saja dan jika mengijinkan menyisipkan link aktif silahkan berikan link aktif didalam komentar tersebut. Karena jika melanggar ketentuan di suatu blog biasanya dimasukkan kedalam blacklist/ dianggap spamming.

2. Signature di Forum, cara ini lebih praktis lagi dari cara nomor satu, karena dengan cara ini kita hanya perlu menambahkan website/ blog kita di Signature, lalu secara otomatis kita akan mendapatkan backlink setiap berkomentar di suatu thread pada forum tersebut.

3. Bertukar link/ link exchange, cara ini biasanya sering dilakukan para blogger khususnya para blogger pemula. Karena caranya juga sangat mudah sekali yaitu hanya dengan saling bertukar link/ biasanya dengan banner disertai link aktif yang mengarah ke blog kita. Tetapi kata para senior blogger kalau menggunakan saat ini rawan sekali, karena bisa dianggap spam. Jadi misalkan sobat menggunakan cara ini cukup pasang link secukupnya saja dan tidak rakus.

4. Mendapatkan backliunk melalui review, dengan menggunakan cara ini biasanya akan lebih relevan dan alami, dan cara ini banyak dimanfaatkan oleh seorang blogger yang sedang mengadakan Blog Competition atau kompetisi blog. Dengan cara ini dapat dipastikan bahwa backlink akan tumbuh dengan cara alami.

Kumpulan Situs Untuk Backlink Berkualitas (dot edu dan dot gov)

* http://fresnocitycollege.edu
* http://www.cherokeecounty-nc.gov
* http://scccd.edu
* http://www.evansville.in.gov
* http://www.odessa-tx.gov
* http://fresnocitycollege.edu
* http://scccd.edu
* http://www.uav.edu
* http://www.vh.vccs.edu
* http://www.vhcc.edu
* http://www.cathedralcity.gov
* http://cherokeecounty-nc.gov
* http://dconc.gov
* http://www.evansville.in.gov
* http://fresnocitycollege.edu
* http://greensboro-nc.gov
* http://www.knightdalenc.gov
* http://www.costamesaca.gov

Diatas tadi merupakan pengertian dan penjelasan mengenai backlink, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Ijal
Administrator
2 November 2016 pukul 12.14

Paling sering sih komentar - komentar di blog, cuma situs2 social bookmark juga sangat recomended sepertinya.

avatar

Berkomentarlah yang bersifat membangun konten, dan membantu kebingungan pembaca lain! ConversionConversion EmoticonEmoticon