Oops! Koneksi internet Anda terputus. Tunggu dan coba lagi , atau Refresh Halaman.

Cara Jitu Untuk Menghasilkan Uang Melalui Blog




Didalam dunia blogging sebagian besar para blogger pasti memiliki tujuan untuk mendapatkan uang dalam kegiatanya dalam menulis atau memposting artikel. Baik seorang blogger freelance maupun blogger profesi pasti tidak dapat langsung menghasilkan uang dari blognya secara instan sob. Karena semua itu membutuhkan yang namanya proses dan bagaimana trik yang mereka gunakan. Sebelumnya saya ingin bertanya kepada sobat semua, apakah sobat semua sudah lama menjadi blogger dan mendalaminya? Jika sobat baru mengenal blog kemaren sore, simak artikel ini baik-baik dan pasti akan terasa cukup sulit untuk mendapatkan penghasilan secara cepat.

Cara Jitu Untuk Menghasilkan Uang Melalui Blog

Selain itu blogger dapat dikategorikan menjadi dua tipe. Pertama adalah tipe seorang blogger yang menghabiskan waktunya untuk menulis karena alasan sharing, kemudian tipe kedua adalah seorang blogger yang menulis artikel dengan alasan uang atau untuk mencari uang.

Memang benar kedua tipe blogger tersebut sama-sama bisa menghasilkan uang dari blog, tetapi untuk tipe seorang blogger yang bertujuan mencari uang biasanya akan membutuhkan proses yang lumayan lama untuk bisa mendapatkan penghasilan. Apalagi sebagai seorang blogger pemula pasti akan kaget akan hal-hal baru yang harus mereka pelajari terlebih dahulu dan mencari uang akan lebih sulit. Tetapi untuk seorang blogger yang memiliki niat untuk mencari uang biasanya mereka sudah memiliki keahlian dalam menulis yang bagus. Tetapi apakah semua blogger sukses yang aktif mendapatkan uang karena memiliki keahlian dalam menulis? Tidak sob, banyak kok yang kemampuan menulisnya biasa-biasa saja tetapi mereka dapat menghasilkan uang dari blog yang mereka kelola.

Contohnya seperti saya ini seorang blogger yang tidak memiliki keahlian menulis yang bagus tetapi nyatanya bisa mendapatkan penghasilan melalui blog yang saya kelola. Walaupun itu membutuhkan waktu dan proses yang lama. Karena harus belajar dan belajar agar bisa menulis hingga sekarang ini sob. Kemudian itulah yang menjadi alasan kenapa saya sangat sulit untuk mendapatkan uang, dan saya ngeblog selama 2 tahun lebih belum mendapatkan apa-apa. Kemudian jika sobat merasa termasuk tipe blogger yang ngeblog karena semata-mata ingin menghasilkan uang, maka perlu diketahui bahwa banyak hal-hal baru yang perlu dipelajari. Langsung saja simak pembahasan dibawah !

How to Make Money Blogging

Cara Paling Populer untuk Menghasilkan Uang dari Blog

1. Pasang Iklan
Cara paling populer adalah menyediakan beberapa slot iklan di blog untuk disewakan kepada pemasang iklan. Karena cara ini sangat efektif bagi para blogger yang sudah memiliki trafik yang tinggi, selain itu juga memiliki kelebihan yaitu sobat dapat menentukan harga sendiri yang disesuaikan seberapa besar trafik yang sobat miliki.

2. Menjadi Publisher Iklan
Menjadi publisher juga sedang ramai diterapkan bagi para blogger senior bahkan junior. Jenis mitra iklan yang digeluti sangatlah bervariasi dan berbeda-beda. Mungkin sobat sudah mengenal apa itu yang namanya google adsense? Nah, itulah yang sangat populer dikalangan blogger, karena sudah saya coba menjadi publisher adsense sangatlah menguntungkan jika memiliki trafik yang tinggi. Tetapi tidak hanya itu kok sob, sobat bisa menjadi publisher mitra lain seperti chitika, Yllix, idblognetwork, dll. Bahkan ada juga yang dari lokal yaitu seperti iklanblogger, kliksaya,dll. Mengambil langkah menjadi publisher google adsense akan lebih efektif jika trafik sobat sangat tinggi dan peluang mendapatkan IDR atau bahkan Dollar yang tinggi pula.

3. Paid Review
Paid review merupakan sebuah metode monetisasi dimana kita mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog sobat. Paid review ini iklannya dibuat dalam bentuk postingan review sob, jadi sistemnya agak mirip dengan metode banner.

4. Menyediakan Jasa
Jadi disini sobat tidak hanya bergantung pada iklan saja, tetapi juga dapat mempromosikan dan menawarkan jasa. Metode ini sangat cocok bagi sobat yang telah memiliki keahlian tertentu yang bisa disalurkan lewat internet.

Seperti contohnya ;
-  Jika sobat jago desain, jadi sobat dapat menawarkan saja jasa desain melalui blog tersebut.
-  Jika sobat jago membuat website, jadi sobat bisa menyediakan jasa pembuatan website.
-  Jika sobat jago menulis, jadi sobat bisa mneyediakan jasa tulis artikel atau review produk.
-  dll.

5. Menjual Produk Sendiri
Nah, menjual produk sendiri merupakan salah satu metode monetiasi blog terbaik yang bisa dilakukan sob. Kok bisa? Ya tentu, alasannya karena dengan menjual produk sendiri pasti sobat bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain. Lalu, apa dong yang harus dijual melalui blog? Cukup simple saja sob dan menyesuaikan apa tema blog sobat. Dan tipe produk itu sendiri dapat berupa fisik maupun berupa barang atau digital.

Contoh :

Untuk produk fisik hampir semua bisa dijual melalui blog, tetapi tema blog juga harus sesuai dengan produk yang akan dijual. Seperti :
- Misalnya sobat memiliki blog yang membahas tentang gadget, maka sobat bisa berjualan gadget disitu.
- Misalnya sobat memiliki blog dengan tema motivasi, disitu sobat bisa menjual produk berupa ebook atau buku tentang motivasi.
- dll.

Kemudian untuk produk digital yang biasa dijual melalui blog adalah seperti berikut :
-    Ebook (Buku digital)
-    Software
-    Audio
-    Video
-    Desain logo/ gambar
-    Theme Website
-    dll.

Sebagai catatan saja sob, bahwa berjualan produk sendiri lewat blog tentu saja bukan hal yang mudah. Pertama sobat harus mempunyai produk untuk dijual, dan yang kedua sobat harus bisa mencari pengunjung blog yang tertarget supaya membeli produk yang sobat jual.

6. Mengikuti Program Afiliasi
Bagi sobat yang ingin berjualan tetapi tidak memiliki produk sendiri untuk dijual, maka program afiliasi sangat cocok untuk menjadi alternatif sobat dalam memulai berjualan.
Afiliasi adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk atau jasa milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika kita berhasil menjual produk tersebut. Tetapi untuk mengikuti program afiliasi seperti ini sobat bisa mencari penyedia produk atau jasa yang menyediakan program afiliasi.

7. Berjualan Blog
Metode yang terakhir adalah dengan berjualan blog. Tetapi apakah ada yang akan membeli blog tersebut? Pasti ada sob, karena diluar sana pasti ada kok para blogger pemula yang bermalas-malasan untuk membuat blog. Jadi sebagian dari mereka memutuskan untuk membeli blog.

Nah, itulah beberapa cara untuk mendapatkan uang dari blog. Semua metode yang saya tuliskan diatas sudah banyak dibuktikan para blogger senior dan sebagian saya sudah menerapkanya. Selain itu juga masih banyak lagi cara untuk mendapatkan uang dari blog selain metode yang saya tuliskan. Jadi, tinggal kemauan dan inovasi sobat sendiri. Apa saja bisa kok jika sobat memang benar-benar niat untuk mencari uang. Semoga artikel ini dapat menjadi manfaat bagi kita semua~

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang bersifat membangun konten, dan membantu kebingungan pembaca lain! ConversionConversion EmoticonEmoticon